TUGAS
MANAJEMEN
STRATEJIK
PT.PARAGON
TECHNOLOGY AND INNOVATION
(WARDAH COSMETICS)
DISUSUN
OLEH :
LUSIANA
NURYANTI (01214071)
PT. PARAGON TECHNOLOGY
AND INNOVATION (WARDAH COSMETICS)
LATAR BELAKANG
PT Paragon Technology and Innovation adalah sebuah perusahaan
nasional yang bergerak di bidang kosmetik dan telah mendapat sertifikat CPKB
dari BPOM. Berdiri sejak 1985, dengan cakupan unit bisnis yang luas, meliputi
manufacturing/produksi, distribusi & pemasaran. Sejak 2008 hingga saat ini,
kami mengalami pertumbuhan yang sangat baik hingga 75% per tahun, month to
month annualy, sehingga menempatkan perusahaan kami ke dalam jajaran perusahaan
kosmetik besar di Indonesia. Saat ini kami telah beroperasi di 27 cabang/
Distribution Center (DC) di seluruh Indonesia dan 1 di Malaysia, bersama lebih
dari 2000 karyawan. Berikut sebaran DC kami : Aceh, Medan, Pekanbaru, Batam,
Padang, Jambi, Palembang, Lampung, Bangka, Serang, Jakarta, Bekasi, Bogor,
Bandung, Cirebon, Tasikmalaya, Semarang, Yogyakarta, Solo, Purwokerto,
Surabaya, Malang, Jember, Kediri*, Denpasar, Makassar, Samarinda, Pontianak,
Banjarmasin.
Produk yang dihasilkan di antaranya : Putri Hair Treatment and
Styling, Wardah, Make Over, Vivre, IX, dll. Wardah sendiri telah diakui oleh
World Halal Council sebagai pelopor kosmetik halal dunia. Banyak acara
televisi, dan klinik kecantikan yang telah merekomendasikan produk Wardah
sebagai produk yang berkualitas dan menjadi rising star cosmetics.
SEJARAH INDUSTRI KOSMETIK
PT Paragon Technology
and Innovation berdiri pada tanggal 28 Februari 1985 dengan nama awal PT Pusaka
Tradisi Ibu. Perusahaan ini baru berganti nama menjadi PT Paragon Technology
and Innovation pada tahun 2011. Perusahaan ini didirikan oleh pasangan suami
istri Drs. H. Subakat Hadi, M.Sc dan Dra. Hj. Nurhayati Subakat, Apt. Pada masa
itu, pendiri melihat masih ada peluang yang terbuka. Perusahaan ini dimulai
dengan sederhana namun sudah diusahakan dengan tata cara yang baik. PT Pusaka
Tradisi Ibu (PTI) pada awal berdirinya hanya memproduksi perawatan rambut. Pada
tahun 1987, perusahaan ini mengeluarkan produk perawatan rambut dengan merk Ega
yang dipasarkan ke salon-salon. Kemudian lahir produk Putri yang sampai
sekarang masih diproduksi.
Tahun 1985-1990, PT
Pusaka Tradisi Ibu mengalami perkembangan pesat. Mulai dari Jabotabek,
produknya mulai menyebar dan bersaing langsung dengan produk lama yang telah
eksis. Mulai tahun 1990, produk salonnya dapat bersaing dengan produk eksis.
Survey CIC (2002) menyebutkan bahwa Hair Tonic Putri adalah hair tonic yang
paling banyak digunakan di indonesia. Sedangkan produk perawatan rambut lainnya
selalu masuk 10 besar. Seiring dengan perkembangan perusahaan, pada bulan
Desember 1990, PT Pusaka Tradisi Ibu mendirikan pabrik produksi di Kawasan
Industri Cibodas Tangerang. Pendirian pabrik yang baru ini bertujuan untuk
menambah kapasitas produksi yang terus meningkat.
Pada
tahun 1995, PTI mulai mengembangkan merk Wardah. Namun, belum bisa berjalan
dengan baik dikarenakan rekanan manajemen yang kurang baik. PTI kembali mencoba
mengembangkan Wardah pada tahun 1996 dengan tetap bekerja sama dengan agen
dalam pemasarannya. Sejak itu penjualannya mulai menanjak dan PT Pusaka Tradisi
Ibu memasuki pasar tata rias (decorative).
Ketika krisis ekonomi
1998, banyak perusahaan sejenis yang tutup. Daya beli masyarakat anjlok
sementara harga bahan baku naik sampai empat kali lipat. PTI mengambil reaksi
cepat menyikapi krisis tersebut di saat pesaing-pesaing lain tidak berproduksi.
Setelah melewati masa krisis selama empat bulan, PTI justru mengembangkan
pasar. Pada tahun 1999-2003, PTI mengalami perkembangan kedua. Penjualan merk
Wardah pada masa tersebut melonjak pesat. Pabrik lain di Kawasan Industri
Jatake Tangerang didirikan dan mulai beroperasi pada tahun 2001. PTI mulai
memodernisasi perusahaan pada tahun 2002-2003. Perusahaan ini mulai masuk ke
pasar umum yang memerlukan perubahan dari segi internal. Selain itu, juga
melalui program promosi dan membina tim promosi.
Pada tahun 2005, PT
Pusaka Tradisi Ibu sudah menerapkan Good Manufacturing Practice (GMP) dan
Cara Pembuatan Kosmetika yang Baik (CPKB). Sampai sekarang, di Indonesia baru
80 pabrik dari keseluruhan 760 pabrik yang sudah menerapkan CPKB. Selain itu,
PTI menjadi percontohan pelaksanaan CPKB untuk industri kosmetika yang lainnya.
PTI sampai dengan saat ini sudah memiliki 26 Distribution Centre (DC) hampir di
seluruh wilayah Indonesia. Saat ini perusahaan ini telah memiliki DC di
Malaysia.
VISI MISI
PERUSAHAAN
Visi
Menjadi perusahaan yang bermanfaat
bagi masyarakat dan terus berkembang di berbagai bidang
dengan menjadikan hari ini lebih baik dari hari kemarin.
Misi
Mengembangkan
karyawan yang kompeten dengan menciptakan lingkungan kerja yang baik untuk
mendukung tercapaianya kepuasan pelanggan.
Secara
berkesinambungan menyediakan produk dan jasa yang berkualitas tinggi serta
memenuhi kebutuhan pelanggan melalui program pemasaran yang baik.
Mengembangkan
operasi perusahaan yang sehat dalam segala aspek.
Terus
berinovasi, menguasai ilmu, menerapkan teknologi baru, dan berinovasi demi
kepuasan pelanggan.
Mengembangkan
berbagai unit usaha secara lateral.
STRUKTUR
ORGANISASI
Pabrik PT Paragon
Technology and Innovation dipimpin oleh seorang komisaris yang membawahi
seorang direktur utama. Komisaris bertanggung jawab kepada pemegang saham serta
mengawasi segala pelaksanaan kebijakan perusahaan, mengambil segala pelaksanaan
kebijakan perusahaan, mengambil segala keputusan berkenaan dengan persoalan dan
masalah penting yang dihadapi perusahaan. Direktur utama bertanggung jawab
kepada komisaris. Posisi ini membawahi manajer operasional, manajer produk,
manajer keuangan dan manajer marketing. Manajer operasional membawahi beberapa
bagian/departemen yaitu purchasing (pembelian), bagian logistik, bagian QAS (Quality
Assurance and Safety), bagian QCL (Quality Control),
bagian produksi, INL (Innovation and Lean), MAI (Maintenance), PPIC
(Product Planning and Inventory Control), MRE (Management
Representative), Business Solution (BSN), Distribution Center (DC),
koordinator halal internal, legal dan tim IT (teknologi informasi). Sedangkan
manajer produk membawahi tim Product and Development (Prodev) serta tim
Research and Development (R&D), manager marketing membawahi Business
Development, tim art, marketing, GIP.
LOKASI
PT Paragon Technology and Innovation
melaksanakan proses produksi kosmetikanya di pabrik yang terletak di Kawasan
Industri Jatake, Jalan Industri Raya IV Blok AG No 4 Tangerang. Pabrik tersebut
memiliki luas keseluruhan 5000 m2 dan gudang seluas 1500 m2.
Sedangkan untuk pemasaran sekaligus kantor pusat berada di Kawasan Jakarta
Selatan. Lokasi kantor pusat dan pemasaran PT. Paragon Technology and
Innovation ini menjadi satu dengan gudang produk jadi. Kantor ini berada di Jl.
Swadharma Raya, Kampung Baru III no. 60, Jakarta Selatan. Kompleks perkantoran
ini menggunakan lahan seluas 700 M, luas bangunan sebesar 270 m, diisi dengan
ruang administrasi, kantor direksi, gudang produksi barang jadi, gudang bahan
baku dan kemasan, serta sebuah musholla.
TUJUAN Wardah
perusahaan yang bermanfaat bagi
masyarakat dan terus berkembang di berbagai bidang.
SASARAN Wardah
Mengembangkan operasi perusahaan yang sehat dalam segala aspek dan terus
berinovasi, menguasai ilmu, menerapakan Teknologi baru demi kepuasan pelanggan.
STRATEGI Wardah
Strategi dari PT Paragon antara lain :
1. Komoditas Perusahaan
di PT Paragon Technology & Innovation adalah berupa :
o Sediaan
Toiletries, Yang termasuk kosmetika jenis ini
adalah shampoo, sabun, conditioner, hair
spray, pewarna rambut,deodorant, pengeriting atau pelurus
rambut.
o Sediaan
Skin Care
Skin care adalah kosmetika
pemeliharaan dan perawatan kulit yang terdiri dari pembersih, pelembab,
pelindung, masker dan lain - lain.
Kosmetik
Wangi-wangian(fragrance)
Contoh kosmetik jenis ini adalah
parfum, cologne, bath powder, dan pewangi mulut
Bagian Pengendalian Mutu (Quality Control) Bagian Pengendalian Mutu(Quality Control) merupakan
bagian yang sangat penting bagi perusahaan yang selalu mengedepankan mutu
produknya. Hal ini juga dijalankan oleh PT Paragon Technology & Innovationpada bagian Pengendalian Mutu. Pengendalian dan
pengawasan mutu dilakukan mulai dari bahan baku sampai produk selesai
diproduksi.
Pengawasan mutu untuk
bahan baku dilakukan ketika bahan baku datang dan juga pada saat bahan baku
ditimbang, pengawasan ini ditujukan untuk memastikan
kesesuaian jenis dan kesesuaian bahan baku dengan formulanya padabatch
record. Setelah produk ruahan selesai diolah,
personil pengendalian mutujuga ikut
mengawasi dengan tujuan untuk memastikan parameter fisik produk yang meliputi
warna, bau, pH, serta parameter fisik yang lain
Pemeriksaan kesesuaian
produk setelah melewati proses pengisian dan pengemasan dilakukan oleh QC
finished goods dan QC mikro. Untuk memastikan produk sudah diproduksi dengan
baik dan dapat dipasarkan.
Pengecekan
fisik produk kembali dilakukan setelah masa penyimpanan.
Untuk setiap batch produksi, dilakukan pengambilan sampel yang
dicek stabilitasnya secara berkala. Uji sabilitas dilakukan terhadap
retaining sample. Retaining sample yaitu sampel pembanding analisa bila
dikemudian hari terdapat pengaduan kerusakan produk dari konsumen.
Perusahaan akan
bertanggung jawab bila pada analisa juga ditemukan kerusakan pada retaining
sample. Pengujiannya dilakukan setiap 3 bulan sekali pada tahun pertama dan
setiap 6 bulan sekali pada tahun kedua. Pada tahun ketiga dan seterusnya,
pengujian dilakukan setahun sekali.
Jika
hasil retaining sampleternyata masih dalam kondisi baik, hal itu
menandakan kerusakan yang dilaporkan oleh konsumen bukan disebabkan oleh
kesalahan produksi melainkan karena faktor lain, misalnya kondisi penyimpanan
saat berada di konsumen itu sendiri maupun kerusakan selama proses
distribusi. Retaining sampleitu dapat disimpan selama tiga tahun
sesuai dengan masa kadaluarsa produk kosmetika.
Bagian
pengawasan mutu hendaknya ikut bertanggung jawab dalam menentukan pemasok
yang mampu menyediakan bahan baku dan bahan pengemas yang memenuhi spesifikasi. Bagian pengawasan mutu, bagian pengolahan dan bagian
pembelian hendaklah menilai kualifikasi teknis pemasok dengan tetap
mengutamakan mutu. ini dilakukan Pengendalian & Pengawasan mutu mulai dari bahan baku
sampai bahan pengemasan.
Pengemasan mutu untuk
bahan baku dilakukan ketika bahan datang kemudian dilihat kesesuaian jenis
& bahan apakah sesuai dengan formula yang tertera pada batch record atau
belum,pengawasan ini dilakukan ketika bahan ditimbang.Dan ketika proses
produksi berlangsung juga dilakukan pengawasan yang mengecek kesesuaian
prosedur kerja & parameter fisik produk yang meliputi warna,bau dan pH.
Untuk setiap batch
produksi, dilakukan pengambilan sampel yang dicek stabilitasnya secara berkala
setiap hari untuk mnggu pertama,kemudian setiap minggu selama 1 bulan ,setiap
bulan selama satu tahun dan setiap 1 tahun selama 3 tahun .Pengambilan sampel
juga dilakukan pada produk jadi per batch untuk retaining sample yang berfungsi
sebagai produk pembanding bila dikemudian hari terdapat pengaduan kerusakan
produk dari konsumen.
3. Penanganan Limbah di PT Paragon Technology and
Innovation
PT Paragon Technology
& Innovation menghasilkan produk sampingan yang tidak
bermanfaat lagi (limbah). Limbah yang dihasilkan PTParagon Technology
& Innovation terbagi menjadi dua bagian, yaitu:
a. Limbah Domestik
Limbah domestik bukan
merupakan limbah yang dihasilkan dari proses produksi akan tetapi berasal
dari office, kantin, dan lain-lain. Limbah
ini terdiri atas 2 jenis, yaitu:
Limbah ini berupa karton, plastik yang
sudah tidak terpakai kemudian limbah tersebut akan dijual ke pihak ke-3.
Sedangkan sampahseperti kertas, plastik kotor,tissue dan
lain-lain akan dibuang dengan cara bekerja sama dengan pihak ketiga.
Cair
Limbah ini merupakan limbah yang berasal
dari kamar mandi dan air bekaspencuci. Karena limbah cair ini bukan limbah
yang berbahaya, maka limbah ini tidak melalui proses pengolahan akan
tetapi langsung dibuang ke aliran pembuangan toilet.
Limbah B3
Limbah ini terbagi atas 2 jenis,
yaitu:
Padat
Limbah ini merupakan limbah yang
dihasilkan dari proses produksi yang kadar airnya kurang dari 70%, yaitu dari
sisa hasil produksi cream, powder dan lipstik. Limbah tersebut akan dikumpulkan
dalam suatu wadah dan kemudian akan diberikan kepada pihak ke-3 yang mempunyai
izin dalam menangani limbah tersebut.
Cair
Limbah ini merupakan limbah yang
dihasilkan dari proses produksi yang kadar airnya lebih dari 70%, yaitu dari
sisa hasil produksi shampo, hair tonic, toner, parfume, dan
lain-lain. Limbah tersebut kemudian diolah di IPAL
(Instalasi Pengolahan Limbah).
4. Standard
HRD di PT Paragon Technology and Innovation
Pria/wanita
Pendidikan
minimal.SMK/SMA
Tegas dan
bertanggung jawab
Menguasai
Ms.Word & Ms.Excel
Siap
diposisikan di Aceh,Bali,Bangka, Banjarmasin, Batam, Gorontalo, Jambi, Lampung,
Lombok, Manado, Makassar, Medan, Palembang, Pekanbaru, Pontianak, Samarinda,
Bandung, Purwokerto, Semarang, Serang, Solo, Surabaya, Tangerang, Yogyakarta.
Untuk
yang bersedia ditempatkan diluar kota akan diberikan :Mess,Tunjangan, Fasilitas
PP ke kota asal.dll.
5. Produk
hasil olah dan sasaran pemakai produkdari PT Paragon Technology and Innovation
:Produk Putri, Wardah, Make Over, Vivre, IX, dll. Dan sasaran pemakaiannya
telah merambah didaerah lokal dan telah mencapai pasar Internasional.
6. Sistem
Pemasaran Produk di PT Paragon Technology and Innovation
Pemasaran merupakan proses
sosial dan manajerial yang melibatkan individu-individu atau kelompok yang
ingin mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan,
menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.
PT Paragon Technology
& Innovation telah menempatkan kebijakan dengan target konsumennya adalah
konsumen menengah ke atas khususnya umat islam, hal ini merupakan strategi yang
disusun oleh PT Paragon Technology & Innovation dalam rangka mengembangkan
usahanya.
Setiap
produk PT Paragon Technology & Innovation mempunyai fungsi yang
berbeda-beda dalam penggunaannya. Semua produk yang dihasilkan merupakan
kosmetik halaldan aman untuk para konsumen umat Islam, karena
komitmennya sebagai produk kosmetika bebas alkohol.
TABEL
RENCANA OPERASI PERUSAHAAN WARDAH TAHUN 2016-2020
TUJUAN
|
SASARAN
|
STRATEGI
|
TAHUN
PELAKSANAAN
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
perusahaan yang bermanfaat bagi
masyarakat dan terus berkembang di berbagai bidang.
Meluncurkan
pertama produk kecantikan yang berlabel Halal
|
Mengembangkan operasi perusahaan yang sehat dalam segala aspek dan terus
berinovasi, menguasai ilmu, menerapakan Teknologi baru demi kepuasan
pelanggan.
kosmetik Halal yang terus dijaga hingga sekarang yaitu cantik
secara syariah.
|
Kesediaan ProdukWardah yang lengkap
dari Toiletries, Skin care dan Fragrance
Pengendalian Mutu(Quality Control) merupakan bagian yang
sangat penting bagi perusahaan yang selalu mengedepankan mutu produknya. Hal
ini juga dijalankan oleh PT Paragon Technology & Innovationpada bagian Pengendalian Mutu. Pengendalian dan
pengawasan mutu dilakukan mulai dari bahan baku sampai produk selesai
diproduksi semua di lakukan demi kepuasan pelanggan wardah.
Konsistensi dari konsep yang diusung
Wardah selalu dipertahankan sehingga konsumen yang memang tertarik dan
mendapatkan apa yang diinginkannya dalam produk Wardah akan setia
menggunakannya. Misal, konsep yang mengusung kosmetika “halal dan Islami”
tidak pernah tergoyahkan dan konsisten dijalani oleh perusahaan baik dalam
pembuatan maupun pemasaran. Sehingga seolah-olah terpatri dalam pikiran
konsumen ketika mendengar kata kosmetik alami maka akan teringat Wardah.
|
ada annual reportnya gak?
BalasHapusDengan bagian apa yah jika saya mau kerjasama dalam pengiriman produk wardah?
BalasHapusHubungi saya di 081286200373 jika perlu jasa pengiriman produk ke seluruh indonesia
BalasHapusselamat sore..ini klo mau beli wardah gmna caranya
BalasHapusAda info loker untuk tim art gak...info dong. Tks
BalasHapusMau order bahan dari produk PT Wardah apakah BSA dan bagaimana cara nya
HapusMau order produk warga dari PT nya langsung
BalasHapusMau order produk dri PT nya bisa tidak lalu bagaimana caranya?
BalasHapusMau order produk nya langsung dri PT nya bisa tidak lalu bagaimana caranya?
BalasHapusWah bangga bngtt bisa bergabung dngn pt.paragon🌹
BalasHapusSaya mau bergabug dgn pt paragon hub sy di 081324285029 trinakasih
BalasHapusMenjual berbagai macam jenis Chemical untuk cooling tower chiller dan waste water treatment, untuk info lebih lanjut tentang produk ini bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com terima kasih
BalasHapusWA:081310849918
Do you realize there is a 12 word sentence you can say to your partner... that will induce intense feelings of love and impulsive appeal for you deep within his chest?
BalasHapusThat's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's impulse to love, treasure and guard you with all his heart...
12 Words That Fuel A Man's Desire Impulse
This impulse is so built-in to a man's mind that it will make him try harder than before to take care of you.
Matter of fact, fueling this dominant impulse is absolutely essential to having the best ever relationship with your man that the second you send your man one of these "Secret Signals"...
...You will immediately notice him expose his mind and soul for you in such a way he's never experienced before and he'll distinguish you as the one and only woman in the galaxy who has ever truly attracted him.